Satuan Acara Pembelajaran MK Pancasila TA 2014

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)


Mata kuliah                : PANCASILA
Kode mata kuliah                : Bd. 6.103
Jumlah SKS                        : 2 SKS (T:1, P:1)
Waktu pertemuan        : 4 X 50 MENIT
Pertemuan Ke             : 1 (satu)

A.   Tujuan
1.   Kompetensi dasar : Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
2.   Indikator :
. Menjelaskan landasan dari MK Pendidikan Pancasila
. Menjelaskan tujuan (kompetensi) apa yang diharapkan dari MK Pendidikan Pancasila dan cara-cara
  mencapainya

B.   Pokok Bahasan
Dasar dan tujuan Pendidikan Pancasila

C.   Sub Pokok Bahasan
1.     Dasar filosofis
2.     Dasar sosiologis
3.         Dasar yuridis


D.  Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap
Kegiatan pengajar
Kegiatan mahasiswa
Media dan alat pengajaran
Pendahuluan
a.    Salam
b.    Menyampaikan silabus, SAP, Kontrak Kuliah, memberikan ulasan umum isi mata kuliah, landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila

a.     Menjawab salam
b.     Melihat, Mendengarkan penjelasan, serta mencatat

LCD
White bort
Spidol
Penyajian
Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
Melihat, mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
LCD
White bort
Spidol
Penutup
a.       Mengevaluasi
b.       Mengajukan pertanyaan
c.       Menyimpulkan dan menutup perkuliahan

a.     Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
b.     Menjawab salam

LCD
Whitebort
Spidol


E.   Referensi
1.   Budiardjo Miriam, 1981, Dasar-dasar ilmu Politik, Gramedia, Jakarta.
2.   Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan nasional kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, 2013, Materi ajar mata kuliah Pendidikan Pancasila, Jakart
3.   MPR RI, 2012, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Sekretariat Jenderal MPR RI, Jakarta
4.   MPR RI, 2012, Panduan Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia




SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)


Mata kuliah                : PANCASILA
Kode mata kuliah                : Bd. 6.103
Jumlah SKS                        : 2 SKS (T:1, P:1)
Waktu pertemuan        : 4 X 50 MENIT
Pertemuan Ke             : 2 (dua)

A.    Tujuan

1.   Kompetensi dasar : Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa
Indonesia
2.   Indikator :
·      Mahasiswa mampu melakukan kajian dengan suatu proses kajian memanfaatkan berbagai literatur dan tokoh sehingga menghasilkan kajian tentang kebenaran sejarah Pancasila yang komprehensif.
·      Dengan metode kajian literatur dan wawancara mendalam, mahasiswa diharapkan dapat mengkaji sejarah Pancasila secara utuh dari berbagai perspektif.
·      Menunjukkan hasil kemampuan membandingkan, mempersamakan dan membedakan pendapat yang berkembang mengenai sejarah Pancasila.
·      Dalam kondisi perbedaan pendapat mengenai sejarah Pancasila yang dilihat berdasarkan berbagai perspektif, mahasiswa harus dapat memutuskan kajian sejarah mana yang sesuai dengan pemahaman dan analisis yang telah dilakukan.
·      Menguasai pengetahuan tentang kajian sejarah Pancasila pada era pra-kemerdekaan, era kemerdekaan, era Orde Lama, era Orde Baru, dan era Reformasi.
·      Mampu mengelola perbedaan pendapat mengenai perbedaan versi sejarah Pancasila menjadi khasanah yang harus digali lebih dalam tentang kebenaran dan kedalaman kajian sejarah Pancasila tersebut.
·      Memiliki sikap bertanggung jawab atas keputusan yang diambil dari pengambilan kajian Pancasila yang dipandang benar berdasarkan hasil kajian yang dilakukan atas pencapaian kerja kelompok, komunikasi, estetis, etis, apresiatif dan pastisipatif.

B.    Pokok Bahasan
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia

C.    Sub Pokok Bahasan
1.    Era Pra Kemerdekaan
2.    Era Kemerdekaan
3.    Era Orde Lama
4.    Era Orde Baru
5.    Era Reformasi

D.    Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap
Kegiatan pengajar
Kegiatan mahasiswa
Media dan alat pengajaran
Pendahuluan
a. Salam
b. Menyampaikan ulasan umum tentang sejarah

a.     Menjawab salam
b.     Melihat, mendengarkan penjelasan, serta mencatat

LCD
White bort
Spidol
Penyajian
a.   Menjelaskan pengertian sejarah,
b.   Pemutaran Film dokumenter sejarah Pancasila ada era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru, hingga era reformasi
Melihat, mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
LCD
White bort
Spidol
Penutup
a.   Mengevaluasi
b.   Mengajukan pertanyaan
c.    Menyimpulkan dan menutup perkuliahan

a.     Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
b.     Menjawab salam

LCD
Whitebort
Spidol

E.  Referensi
1. Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan nasional kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, 2013, Materi ajar mata kuliah Pendidikan Pancasila, Jakarta
2. Film khazanah Trans 7 Islam dan Pancasila, 22 Januari 2014
3. MPR RI, 2012, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Sekretariat Jenderal MPR RI, Jakarta
4. MPR RI, 2012, Panduan Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia






Bagikan ke Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar