SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Mata
kuliah : PANCASILA
Kode
mata kuliah : Bd. 6.103
Jumlah
SKS : 2 SKS (T:1, P:1)
Waktu
pertemuan : 4 X 50 MENIT
Pertemuan
Ke : 1 (satu)
A. Tujuan
1. Kompetensi
dasar : Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
2. Indikator
:
. Menjelaskan landasan dari MK Pendidikan Pancasila
. Menjelaskan
tujuan (kompetensi) apa yang diharapkan dari MK Pendidikan Pancasila dan
cara-cara
mencapainya
B. Pokok
Bahasan
Dasar
dan tujuan Pendidikan Pancasila
C. Sub
Pokok Bahasan
1. Dasar
filosofis
2. Dasar
sosiologis
3.
Dasar yuridis
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Kegiatan pengajar
|
Kegiatan mahasiswa
|
Media dan alat pengajaran
|
Pendahuluan
|
a. Salam
b. Menyampaikan
silabus, SAP, Kontrak Kuliah, memberikan ulasan umum isi mata kuliah,
landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
|
a.
Menjawab salam
b.
Melihat, Mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
LCD
White bort
Spidol
|
Penyajian
|
Menjelaskan landasan dan tujuan
Pendidikan Pancasila.
|
Melihat, mendengarkan penjelasan,
mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
LCD
White bort
Spidol
|
Penutup
|
a. Mengevaluasi
b. Mengajukan
pertanyaan
c. Menyimpulkan
dan menutup perkuliahan
|
a.
Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan
evaluasi
b.
Menjawab salam
|
LCD
Whitebort
Spidol
|
E.
Referensi
1.
Budiardjo Miriam, 1981, Dasar-dasar ilmu Politik, Gramedia, Jakarta.
2. Direktorat
pembelajaran dan kemahasiswaan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen
pendidikan nasional kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia,
2013, Materi ajar mata kuliah Pendidikan Pancasila, Jakart
3.
MPR RI, 2012, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945,
Sekretariat Jenderal MPR RI, Jakarta
4. MPR RI, 2012, Panduan
Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Mata kuliah : PANCASILA
Kode mata kuliah : Bd. 6.103
Jumlah SKS : 2 SKS (T:1, P:1)
Waktu pertemuan : 4 X 50 MENIT
Pertemuan Ke : 2 (dua)
A.
Tujuan
1. Kompetensi dasar :
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa
Indonesia
2. Indikator :
·
Mahasiswa mampu melakukan kajian dengan suatu proses kajian
memanfaatkan berbagai literatur dan tokoh sehingga menghasilkan kajian tentang
kebenaran sejarah Pancasila yang komprehensif.
·
Dengan metode kajian literatur dan wawancara mendalam, mahasiswa
diharapkan dapat mengkaji sejarah Pancasila secara utuh dari berbagai
perspektif.
·
Menunjukkan hasil kemampuan membandingkan, mempersamakan dan
membedakan pendapat yang berkembang mengenai sejarah Pancasila.
·
Dalam kondisi perbedaan pendapat mengenai sejarah Pancasila yang
dilihat berdasarkan berbagai perspektif, mahasiswa harus dapat memutuskan
kajian sejarah mana yang sesuai dengan pemahaman dan analisis yang telah
dilakukan.
·
Menguasai pengetahuan tentang kajian sejarah Pancasila pada era
pra-kemerdekaan, era kemerdekaan, era Orde Lama, era Orde Baru, dan era
Reformasi.
·
Mampu mengelola perbedaan pendapat mengenai perbedaan versi
sejarah Pancasila menjadi khasanah yang harus digali lebih dalam tentang
kebenaran dan kedalaman kajian sejarah Pancasila tersebut.
·
Memiliki sikap bertanggung jawab atas keputusan yang diambil dari
pengambilan kajian Pancasila yang dipandang benar berdasarkan hasil kajian yang
dilakukan atas pencapaian kerja kelompok, komunikasi, estetis, etis, apresiatif
dan pastisipatif.
B. Pokok Bahasan
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
C.
Sub Pokok Bahasan
1.
Era Pra Kemerdekaan
2.
Era Kemerdekaan
3.
Era Orde Lama
4.
Era Orde Baru
5.
Era Reformasi
D. Kegiatan Belajar
Mengajar
Tahap
|
Kegiatan pengajar
|
Kegiatan mahasiswa
|
Media dan alat pengajaran
|
Pendahuluan
|
a. Salam
b. Menyampaikan
ulasan umum tentang sejarah
|
a. Menjawab
salam
b.
Melihat, mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
LCD
White bort
Spidol
|
Penyajian
|
a.
Menjelaskan pengertian sejarah,
b.
Pemutaran Film dokumenter sejarah Pancasila ada era pra
kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru, hingga era
reformasi
|
Melihat, mendengarkan penjelasan,
mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
LCD
White bort
Spidol
|
Penutup
|
a. Mengevaluasi
b. Mengajukan
pertanyaan
c. Menyimpulkan
dan menutup perkuliahan
|
a.
Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab
pertanyaan evaluasi
b.
Menjawab salam
|
LCD
Whitebort
Spidol
|
E. Referensi
1. Direktorat pembelajaran dan
kemahasiswaan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan
nasional kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, 2013, Materi
ajar mata kuliah Pendidikan Pancasila, Jakarta
2. Film khazanah Trans 7 Islam dan
Pancasila, 22 Januari 2014
3. MPR RI, 2012, Undang-Undang Dasar
Republik Indonesia Tahun 1945, Sekretariat Jenderal MPR RI, Jakarta
4. MPR RI, 2012, Panduan
Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar